Contoh Peristiwa dan Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia

Artikel ini akan membahas mengenai pelanggaran ham, contoh kasus pelanggaran ham di indonesia, kasus kasus pelanggaran ham di indonesia, kasus pelanggaran hak asasi manusia di indonesia, kasus ham di indonesia.


Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia

Terdapat contoh peristiwa-peristiwa yang dikategorikan sebagai pelanggaran hak asasi manusia yang pernah terjadi di Indonesia, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pembunuhan massal terhadap 40.000 orang rakyat Sulawesi Selatan oleh tentara Belanda yang dipimpin oleh Kapten Westerling pada tanggal 12 Desember 1946
  2. Pembunuhan 431 penduduk Rawagede oleh tentara Belanda pada tanggal 5 Desember 1947.
  3. Kerusuhan Tanjung Priok tanggal 12 September 1984. Dalam kasus ini 24 orang tewas, 36 orang luka berat dan 19 orang luka ringan.
  4. Peristiwa Talangsari pada tanggal 7 Februari 1989. Dalam kasus ini 27 orang tewas. Sekitar 173 orang ditangkap, namun yang sampai ke pengadilan 23 orang.
  5. Penembakan mahasiswa Universitas Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998. Dalam kasus ini 5 orang tewas.
  6. Tragedi Semanggi I pada tanggal 13 November 1998. Dalam kasus ini lima orang tewas. Kemudian terjadi lagi tragedi Semanggi II pada tanggal 24 September 1999 yang memakan lima orang korban meninggal.
  7. Berbagai macam bentuk kerusuhan dan konflik antarsuku yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, seperti konflik Poso, tragedi Mesuji, dan sebagainya.

Sebagai bangsa Indonesia, tentu saja kita sangat menyesalkan terjadinya pelanggaran hak asasi manusia sebagaimana dicontohkan di atas. 

Tindakan itu melanggar nilai-nilai kemanusian sebagaimana sudah digariskan dalam Pancasila. Tidak hanya itu, penculikan juga tidak dibenarkan oleh ajaran agama apapun, serta dapat merusak persatuan, kedamaian dan keadilan yang menjadi hak setiap manusia.
iklan

0 Response to "Contoh Peristiwa dan Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia"

Posting Komentar