Macam-Macam Fungsi Seni Dalam Kehidupan Manusia Sehari-Hari

Artikel ini akan membahas secara singkat mengenai fungsi seni dalam kehidupan manusia, fungsi seni, fungsi seni dalam kehidupan sehari hari, fungsi seni dalam kehidupan, macam macam fungsi seni.

Fungsi Seni dalam Kehidupan Manusia

Seni, baik itu seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukan sebagai bagian dari kebudayaan manusia mempunyai fungsi sebagai berikut.

Fungsi aktualisasi diri

Melalui karya seni seseorang mampu mencoba mengaktualisasikan dirinya dengan mengekspresikan segala bentuk perasaan hatinya ke dalam karya seni.

Berbagai bentuk karya sastra merupakan ungkapan perasaan hati yang tertuang dalam bentuk tulisan. Ungkapan perasaan itu bisa berupa pengalaman pribadi dari sang pujangga ataupun hasil perenungan terhadap situasi lingkungan yang ada di sekitarnya. 

Buku Max Havelaar, karya Douwes Dekker, merupakan sebuah karya yang muncul dari keprihatinan Douwes Dekker melihat kekejaman pemerintah kolonial terhadap rakyat di daerah penjajahan. 

Demikian halnya karya puisi maupun cerpen yang diciptakan para sastrawan merupakan bentuk ungkapan suasana hati maupun suasana sosial yang berlaku pada zamannya. 

Novel Siti Nurbaya, karya Marah Rusli mengungkapkan kondisi masyarakat pada masa itu, yaitu kawin paksa. Kekaguman pelukis pada keagungan ciptaan Tuhan terwujud dalam bentuk lukisan. 

Demikian pula berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, diungkapkan melalui cerita atau kisah dalam seni pertunjukan.

Sarana rekreasi

Seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukan merupakan bagian dari sarana hiburan bagi masyarakat luas. Apresiasi masyarakat terhadap seni nampak dari animo masyarakat terhadap penyajian karya seni tersebut.

Adakalanya masyarakat awam kurang memahami apa arti dari seni yang disajikan, terutama karya seni lukis abstrak yang memungkinkan berbagai bentuk persepsi.

Fungsi edukasi

Seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukan dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran bagi masyarakat luas. Melalui seni pertunjukan dapat diambil hikmah yang terkandung melalui kisah yang dipentaskan tersebut. 

Penyampaian berbagai bentuk pesan maupun kebijakan pemerintah yang disosialisasikan kepada masyarakat luas cenderung mudah diterima, jika disampaikan melalui seni pertunjukan.

Fungsi sosialisasi

Seni pertunjukkan merupakan salah satu sarana yang dipergunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah, penanaman nilai, dan norma sosial.

Melalui pertunjukan seni tradisional (ketoprak, wayang, lenong) ataupun seni modern (film), berbagai program pemerintah dapat disosialisasikan ke masyarakat luas.

Fungsi religi

Seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukan dapat berfungsi sebagai sarana dalam menuangkan ajaran-ajaran agama untuk dikenalkan kepada masyarakat luas. Kaligrafi merupakan seni rupa yang mengambil ayat-ayat suci Al Qur’an sebagai materi lukisan.
iklan

0 Response to "Macam-Macam Fungsi Seni Dalam Kehidupan Manusia Sehari-Hari"

Posting Komentar