Sejarah Awal Mula Perkembangan dan Masuknya Agama Islam di Indonesia

Kali ini akan dibahas secara singkat tentang agama di indonesia, perkembangan islam di indonesia, kerajaan islam di indonesia, penyebaran islam di indonesia, perkembangan agama islam di indonesia, awal mula masuknya islam di indonesia.

Awal Perkembangan Agama Islam di Indonesia

Seiring dengan perkembangan jalur pelayaran dan perdagangan pada awal abad ke-7 agama Islam lahir dan berkembang di Arab. 

Pada abad ke-7 Masehi, agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan Gujarat (India) yang sudah memeluk agama Islam. 

Sambil berdagang mereka menyebarkan agama Islam kepada masyarakat Indonesia di daerah-daerah yang mereka kunjungi. 

Daerah Indonesia yang pertama kali menerima ajaran agama Islam dari para pedagang tersebut adalah kerajaan Samudra Pasai, yang terletak di pesisir Aceh Utara. 

Pengaruh agama dan kebudayaan Islam menyebar dengan pesat di kawasan pesisir. Kerajaan Samudra Pasai berkembang sebagai pusat perdagangan dan menjadi kerajaan Islam pertama di Indonesia pada tahun 1285 Masehi.

Di Pulau Jawa, agama Islam pertama kali berkembang di daerah pesisir utara. Kota-kota pelabuhan di daerah pesisir utara yang menjadi pusat perkembangan agama Islam antara lain: Gresik, Surabaya, Tuban, Jepara, Demak, Cirebon, dan Banten. 

Penyebarannya dari pulau Jawa, terutama Gresik dan Demak, agama Islam menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. 
iklan

0 Response to "Sejarah Awal Mula Perkembangan dan Masuknya Agama Islam di Indonesia"

Posting Komentar