Sejarah Awal Perkembangan Agama dan Kerajaan-Kerajaan Hindu di Indonesia

Berikut ini akan kita bahas tentang agama di indonesia, sejarah agama hindu, sejarah agama hindu di indonesia, perkembangan agama hindu di indonesia, agama hindu di indonesia, lahirnya agama hindu, kerajaan kerajaan hindu di indonesia, kerajaan hindu di indonesia.

Awal Perkembangan Agama Hindu di Indonesia

Agama Hindu pertama kali lahir di India sejak zaman Weda, yaitu antara 2000 sampai 1000 tahun sebelum Masehi, dan mengalami perkembangan pesat yang kemudian dikenal sebagai pusat asal agama Hindu. 

Agama Hindu diperkirakan masuk ke Indonesia sejak abad ke-2 Masehi bersamaan dengan berkembangnya hubungan dagang antara India dan Indonesia pada masa itu. 

Pembawa dan penyebar agama Hindu ke Indonesia adalah kaum Brahmana atau Pendeta agama Hindu. 

Kedatangan para Brahmana atau Pendeta Hindu ke Indonesia tersebut karena diundang oleh para raja, agar mereka menjadi penasihat raja. 

Menurut catatan sejarah, kerajaan tertua di Indonesia adalah kerajaan Kutai yang bercorak Hindu. Hal itu didukung oleh bukti sejarah dengan ditemukannya prasasti pada 7 (tujuh) buah Yupa. 

Yupa adalah bangunan tugu bertulis. Pada yupa tersebut tertulis syair dengan menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Prasasti tersebut berisi berita mengenai upacara persembahan binatang tertentu oleh raja Kutai. 

Tulisan dengan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta tersebut hanya lazim digunakan oleh kaum Brahmana dari India Selatan, sedangkan upacara persembahan kurban binatang tertentu merupakan salah satu bentuk kebudayaan Hindu.

Pertumbuhan dan perkembangan agama Hindu di Indonesia pada mulanya hanya berkisar di dalam istana kerajaan, kemudian memengaruhi pola kehidupan masyarakat yang pada masa itu senantiasa tunduk dan taat akan segala bentuk perintah raja. Berikut beberapa kerajaan Hindu di Indonesia.
  1. Kerajaan Kutai (tahun 400 – 500 Masehi) merupakan kerajaan yang tertua dan diduga sebagai awal pertumbuhan dan perkembangan agama Hindu di Indonesia.
  2. Kerajaan Tarumanegara (kira-kira abad ke-5 Masehi).
  3. Kerajaan Mataram Kuno (sekitar tahun 732 Masehi).
  4. Kerajaan Kahuripan (tahun 1019 – 1041).
  5. Kerajaan Majapahit (antara tahun 1293 – 1401), yang merupakan kerajaan Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus menandai awal kemegahan bangsa Indonesia.
Agama Hindu pada saat ini berkembang pesat di Bali. Oleh sebab itu mayoritas penduduk Bali menganut agama Hindu. 

Orang Hindu di Bali menganggap dunia ini dihuni oleh kekuatan baik dan jahat, dewa, manusia, dan setan. Mereka masing-masing menghuni tempatnya di alam semesta. 

Kebanyakan upacara keagamaan umat Hindu di Bali bertujuan untuk menjaga agar kekuatan dan makhluk-makhluk tersebut berada di tempatnya masing-masing. 
iklan

0 Response to "Sejarah Awal Perkembangan Agama dan Kerajaan-Kerajaan Hindu di Indonesia"

Posting Komentar