Seni Kerajinan Patung dan Bentuk Rumah Adat Masyarakat Suku Asmat-Dani

Berikut ini akan kita bahas mengenai kebudayaan suku asmat, suku asmat, patung asmat, rumah adat suku asmat, kesenian suku asmat, patung suku asmat.

Seni Rupa Masyarakat Suku Asmat - Dani

Seni rupa masyarakat adat suku bangsa Asmat dan suku bangsa Dani meliputi seni kerajinan dan seni bangunan rumah.

Seni Kerajinan

Masyarakat suku bangsa Asmat memiliki seni kerajinan yang cukup terkenal, yaitu membuat ukiran kayu dalam bentuk patung, topeng, tombak, perisai, tifa, dan penokak sagu. 

Setiap ukiran yang telah selesai dikerjakan diberi warna putih, merah, dan hitam. Pewarna diambilkan dari ramuan kulit kayu, dedaunan, dan akar-akaran, serta lumpur.

Seni patung suku bangsa Asmat disebut tiang mBis, berupa patung-patung nenek moyang yang dibuat bersusun sesuai dengan silsilah nenek moyang.
Seni Kerajinan Patung dan Bentuk Rumah Adat Masyarakat Suku Asmat-Dani
Patung Asmat (tiang mBis)
Karya seni tersebut sangat dikagumi oleh wisatawan mancanegara. Di samping itu masyarakat adat suku bangsa Asmat pandai membuat peralatan rumah tangga, seperti kapak dari batu yang merupakan benda berharga di kalangan mereka. 

Adapun seni kerajinan yang menjadi andalan suku bangsa Dani adalah membuat anyaman dari kulit kayu, yaitu kantong jaring penutup kepala dan pengikat kapak.

Seni Bangunan

Rumah kediaman suku bangsa Asmat terdiri atas rumah panggung kecil berukuran (3 x 4 x 5) m yang
disebut tsyem. 
Seni Kerajinan Patung dan Bentuk Rumah Adat Masyarakat Suku Asmat-Dani
Honae
Rumah berfungsi untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan sebagai tempat menyimpan senjata, peralatan untuk berburu, maupun alat bercocok tanam.

Rumah adat suku bangsa Dani disebut honae. Rumah honae berukuran pendek (rendah) dan berbentuk bulat, mirip jamur. 

Honae-honae tersebut berkumpul dalam suatu kompleks perkampungan yang disebut uma. Rumah untuk laki-laki dan perempuan terpisah. Honae untuk laki-laki disebut wim aela, sedangkan honae tempat kaum perempuan disebut ebe-ebe. 
iklan

0 Response to "Seni Kerajinan Patung dan Bentuk Rumah Adat Masyarakat Suku Asmat-Dani"

Posting Komentar