Sejarah : Jalannya Perang Dunia Ke II

Mula-mula terjadi perang antara Jerman melawan Inggris dan Perancis. Tindakan Inggris segera diikuti oleh negara-negara jajahannya, sedangkan Jerman diikuti oleh Sekutunya yaitu Italia dan Jepang. 

Rusia sebelum perang meletus telah diajak Jerman untuk mengadakan perjanjian tidak saling menyerang. 

Tetapi tidak beberapa lama diserbu juga oleh Jerman, yaitu pada tahun 1941, sehingga Rusia juga terseret dalam kancah perang. Begitulah, maka hampir semua negara di dunia turut serta dalam peperangan besar. 

Negara totaliter Jerman, Italia, dan Jepang yang disebut Blok Poros (Blok AS), dilawan oleh Blok Sekutu yang antara lain terdiri dari Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Belanda, Belgia, Cina dan Rusia.

1. Front Eropa


Hanya dalam waktu empat minggu saja Jerman dapat menduduki sebagian besar Polandia. 

Dengan strategi “Blitzkreig” atau “Perang Kilat” Jerman menyerbu Denmark, Norwegia, dan Swedia untuk mencari bahan tambang. 

Inggris yang akan membantunya dalam pertempuran di Narvik menderita kekalahan.

Belanda, Belgia, dan Perancis juga diserbu oleh Jerman pada bulan Mei 1940. Dalam waktu 6 hari saja Belanda dan Belgia menyerah. 

Pemerintah dan Ratu Belanda Wilhelmina mengungsi ke Inggris. Setelah Perancis jatuh ke tangan Jerman, Hitler menawarkan perdamaian kepada Inggris. 

Usaha Hitler ternyata tidak berhasil. Bahkan Royal Air Force (Angkatan Udara Inggris) mulai melakukan serangan balasan pada tahun 1941. 

Sementara itu di Balkan, Italia, dan Jerman bersama-sama berhadapan dengan Ingris. Rumania dan Yugoslavia serta daerah-daerah sekitarnya berhasil diduduki Jerman. 

Kemudian Jerman juga ingin menguasai Ukraina tahun 1941, tetapi usahanya dapat dipatahkan oleh tentara Rusia di bawah pimpinan Jenderal Zukov.

2. Front Afrika


Pada tahun 1941 tentara Italia-Jerman didaratkan di Afrika Utara untuk menguasai Terusan Suez. Terjadilah pertempuran-pertempuran dahsyat di daerah padang pasir.

Tentara Jenderal Rommel yang amat terkenal itu dapat dipukul mundur oleh tentara Inggris – Amerika Serikat di bawah pimpinan Jenderal Montgomery dan Alexander. 

Tentara Amerika Serikat di bawah pimpinan Eisenhower mendarat di Maroko pada tahun 1943. Ia membebaskan Tunisia, bahkan seluruh Afrika Utara jatuh ke tangan Sekutu.

3. Front Pasifik


Pertempuran ini terjadi antara Jepang melawan Amerika Serikat dengan sekutusekutunya. Perang di daerah Pasifik disebut Perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya.
iklan

0 Response to "Sejarah : Jalannya Perang Dunia Ke II"

Posting Komentar