Pentingnya Globalisasi Serta Pengaruh Dan Dampaknya di Bidang Ekonomi, Budaya dan Politik

Berikut ini akan dijabarkan secara singkat mengenai globalisasi, era globalisasi, pentingnya globalisasi, dampak globalisasi di bidang ekonomi, dampak globalisasi di bidang politik, pengaruh globalisasi di bidang politik, pengaruh globalisasi terhadap budaya.

Pentingnya Globalisasi

Globalisasi terjadi akibat makin meningkatnya perkembangan kebutuhan manusia dan kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang dicapai manusia. 

Kemajuan teknologi yang ditandai dengan ditemukannya alat transformasi seperti kereta api, pesawat terbang, mesin cetak, kompas, listrik, mesin uap, radio, telepon, dan sebagainya mempermudah kerja manusia dalam memenuhi kebutuhannya.

Berkembangnya kemajuan teknologi dan industri sampai sekarang ini, makin memudahkan manusia mengadakan komunikasi. 

Dengan ditemukan alat komunikasi manusia dalam berinteraksi tidak mengenal batas waktu maupun negara.

Misalnya kita dapat bercakap-cakap dengan orang di belahan dunia manapun, tanpa pergi jauh-jauh mendatangi negaranya. Ada beberapa ciri yang menandakan fenomena globalisasi di dunia yaitu:
  1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Perkembangan kemajuan teknologi dan industri telah menghasilkan barang-barang seperti HP, TV, satelit, internet dan sebagainya menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepat sehingga mempermudah manusia dalam berkumunikasi dan menikmati hiburan maupun informasi.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung. Hal ini akibat dari pertumbuhan ekonomi dan perdagangan internasional.
  3. Peningkatan interaksi budaya melalui media informasi dan komunikasi seperti televisi, film, musik, internet, dan olah raga internasional.
  4. Timbulnya masalah-masalah bersama yang muncul, misalnya masalah lingkungan hidup, krisis ekonomi, inflasi, terorisme, kemiskinan, dan sebagainya.
Dalam era globalisasi akan mempengaruhi bidangbidang kehidupan manusia seoperti bidang ekonomi munculnya perusahaan multinasional (perusahaan yang berdiri di banyak negara). 

Pada bidang budaya munculnya berbagai peralatan teknologi seperti televisi, radio, internet yang dengan mudah mengakses informasi di berbagai belahan dunia. 

Bidang teknologi mengakibatkan mobilitas masyarakat dunia semakin besar dengan pergi ke luar negeri dengan mudah atau berbicara dengan berbagai orang di belahan dunia dengan mudah.

Bidang makananpun juga dipengaruhi adanya globalisasi, ini dapat disaksikan dari banyaknya rumah makan atau restoran menyajikan makanan asing khas negara-negara asing. 

Di kota-kota besar Indonesia dapat ditemukan restoran-restoran dari berbagai negara. 

Misalnya restoran Italia menyediakan makanan khas Italia seperti pizza dan spageti; restoran McDonald‘s dan KFC menyediakan makanan khas Amerika Serikat seperti burger, milkshake (minuman dari susu), fried chicken (ayam goring), french fries (kentang goring), dan ice cream.

Bidang politik mempengaruhi kesadaran berdemokrasi bagi warga masyarakat. 

Selain timbulnya kesadaran masyarakat untuk berdemokrasi, politik dalam era globalisasi juga melunturkan semangat kekeluargaan, musyawarah mufakat, dan gotong royong sehingga makin kuatnya semangat individual, kelompok, oposisi, dan diktator. 

Keterbukaan, tanggung jawab dan profesionalisme dalam penyelenggaraan negara semakin mendapat kritisi dari masyarakat.
iklan

0 Response to "Pentingnya Globalisasi Serta Pengaruh Dan Dampaknya di Bidang Ekonomi, Budaya dan Politik"

Posting Komentar