Letak Astronomis, Geografis, Batas-Batas Serta Luas Wilayah Asia Tenggara

Di bawah ini akan di bahas secara singkat tentang letak astronomis asia tenggara, letak geografis asia tenggara, letak geografis kawasan asia tenggara, batas batas asia tenggara, luas negara asia tenggara, luas wilayah asia tenggara.

Kita tinggal di negara Indonesia, namun demikian kita sebenarnya juga merupakan bagian dari warga negara di Benua Asia, dan bahkan warga dunia. 

Negara kita terletak di kawasan Asia Tenggara. Negara kita bertetangga dengan negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. 

Di kawasan ini ada 11 negara yang semuanya tergabung dalam organisasi ASEAN (Association of South East Asian Nations). 

Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan yang berada di kawasan benua Asia. Wilayah Asia Tenggara memiliki banyak hutan tropis. 

Secara astronomis, Asia Tenggara terletak antara 28OLU – 11OLS dan 95OBT – 141OBT. Batas-batas Asia Tenggara adalah sebagai berikut.
  1. Sebelah utara berbatasan dengan daratan Cina dan India
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Papua Nugini
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan Benua Australia dan Samudra Hindia
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, Laut Andaman, dan Teluk Benggala.
Luas negara Asia Tenggara lebih kurang 3.091.116 km2. Di kawasan Asia Tenggara terdapat 10 negara yang tergabung dalam ASEAN. 

Negara yang paling luas adalah Indonesia, yaitu 4.919.443 km2. Negara yang memiliki wilayah paling sempit adalah Singapura dengan luas wilayah hanya 622 km2. 

Perbandingan luas wilayah Indonesia dengan Singapura adalah 3.292 : 1.
iklan

0 Response to "Letak Astronomis, Geografis, Batas-Batas Serta Luas Wilayah Asia Tenggara"

Posting Komentar