Profil, Bentuk Pemerintahan, Luas dan Batas-Batas Wilayah, Letak Astronomis, Keadaan Alam, Iklim dan Perekonomian Penduduk Negara Timor Leste

Berikut ini akan kita bahas mengenai profil negara timor leste, sejarah negara timor leste, bentuk pemerintahan negara timor leste, sistem pemerintahan timor leste, keadaan alam timor leste, luas wilayah timor leste, letak astronomis timor leste, perekonomian timor leste.

Profil Negara Timor Leste

  • Nama : Republik Demokratik Timor Timur
  • Luas wilayah : ± 14.874 km2
  • Bentuk pemerintahan : Republik
  • Kepala negara : Presiden
  • Kepala pemerintahan : Perdana menteri
  • Bahasa : Portugis, Tetun
  • Mata uang : Koin Centavo dan dollar AS
  • Agama mayoritas penduduk : Kristen, Katolik Roma

Bentuk Pemerintahan Timor Leste

Timor Leste merupakan negara yang berbentuk republik dengan kepala negara seorang presiden yang dipilih oleh rakyat selama masa jabatan 5 tahun. 

Perdana menteri dipilih melalui pemilihan multipartai atau koalisi mayoritas. Parlemennya dipilih selama jabatan 5 tahun.

Letak, Luas, dan Batas Negara Timor Leste

Secara astronomis Timor Timur terletak antara 8O7’LS - 9O 29’LS dan 124OBT-127OBT. Luas keseluruhan negara ini adalah ± 14.874 km2 dengan batas negara seperti berikut.

1) Sebelah utara berbatasan dengan Indonesia
2) Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Timor
3) Sebelah barat berbatasan dengan Indonesia
4) Sebelah timur berbatasan dengan Indonesia

Iklim Negara Timor Leste

Timor Leste beriklim muson tropis. Hujan terjadi pada bulan Desember sampai Maret dan kemarau pada bulan Oktober sampai Desember

Keadaan Alam Timor Leste

Wilayah negara Timor Leste sebagian besar adalah pegunungan dengan gunung tertinggi Gunung Tata Mailau yang mencapai 2950 meter di atas air laut.

Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Timor Leste pada tahun 2005 adalah 1.040.880 jiwa yang merupakan campuran antara suku Melayu dan Papua. Kepadatan penduduknya 69 jiwa/km2 dengan pendapatan per kapita US $400.

Perekonomian

Keadaan perekonomian belum stabil. Negara ini masih bergantung pada barang-barang yang berasal dari Indonesia.
iklan

0 Response to "Profil, Bentuk Pemerintahan, Luas dan Batas-Batas Wilayah, Letak Astronomis, Keadaan Alam, Iklim dan Perekonomian Penduduk Negara Timor Leste"

Posting Komentar